Umum  

Tanda Terbesar Perencanaan Keuangan Pribadi Kamu

Setuju kan, kalau kita harus punya perencanaan keuangan individu yang bagus, supaya kita bisa tingkatkan kualitas hidup kita yang akan datang? Mayoritas dari kamu, kemungkinan saat ini telah akui mempunyai rencana keuangan individu sama sesuai keadaan semasing.

Kamu telah mempunyai arah keuangan, lakukan anggaran, membuat dana genting, dan lain-lain. Lantas, bagaimana? Apa saat ini keadaan keuanganmu lebih bagus? Apa rencana keuangan yang kamu bikin telah oke?

Coba lihat yuk, pertanda apa yang memperlihatkan jika rencana keuangan individu yang kamu miliki sudah oke dan sama sesuai untukmu. Bisnis Setelah Pensiun untuk Hasilkan Mesin Uang

  1. Punya tabungan yang cukup

Tanda pertama bahwa perencanaan keuangan individu kamu telah oke ialah saat kamu telah mempunyai tabungan yang cukup, yang tak lagi kamu sabotase sendiri untuk beberapa hal yang kurang bermanfaat. Punyai tabungan yang cukup untukmu sama keutamaan dengan berbelanja untuk keperluan . Maka, kamu sudah membagikannya, dan mewujudkannya secara baik.

Ini maknanya kamu telah mempunyai dana genting, yang walau kemungkinan belum penuhi jumlah bagus, tapi telah ada, dan siap buat kamu pakai setiap saat bila menekan.

  1. Terbiasa membayar tagihan tepat waktu

Ya, kenapa enggak tepat waktu, karena sudah ada semua.semua telah tersedia peruntukannya? Benar tidak? Jika dapat malah selekasnya dibayarkan, agar beban jadi lebih enteng. Kamu dapat terbebas dari denda atau ongkos administrasi, dan bunga tambahan yang tidak perlu.

Dengan lunasnya semua kewajiban—bayar bill listrik, air, pulsa, sampai angsuran hutang—di awalnya, itu maknanya uang yang masih ada tinggal diatur untuk keperluan sepanjang sebulan, atau sampai terima gaji selanjutnya. Cemas tidak dapat bayar bill atau mencicil tidak sempat ada dalam rencana keuangan individu kamu.

  1. Cash flow lancar dan positif

Perencanaan keuangan pribadi kamu telah baik jika aliran kas kamu cukup lancar. Maknanya, pendapatan dan pengeluaran seimbang. Atau bahkan juga, telah positif. Maknanya, pendapatan semakin besar dibanding pengeluaran. Kenapa? Karena kamu punyai anggaran untuk tiap pengeluaran. Demikian kamu mendapati beberapa hal yang kurang efektif dan efisien didalamnya, kamu dapat selekasnya tahu dan langsung bisa beradaptasi.

  1. Aman dari hutang

Saat kamu telah melakukan perencanaan keuangan individu secara baik, karena itu kamu bisa mengurus hutang secara baik.

Hutang memang tidak dilarang, tapi seharusnya tidak dilaksanakan asal-asalan. Minimal, kamu harus percaya jika kamu dapat kembalikan pinjamannya. Terus, triknya percaya bagaimana? Ya, dengan membuat rencana keuangan secara baik. Kalkulasi pendapatan, dan proyeksikan angsurannya. Dapat tidak kamu memiliki komitmen melunasinya sampai habis?

  1. Bisa investasi rutin setiap bulan

Investasi teratur semestinya keperluan untukmu, karenanya kamu membagikannya secara baik pada awal bulan, bukannya menginvestasikan uang tersisa berbelanja. Kamu dapat lakukan ulasan pada investasimu, karena gagasan investasinya telah ada. Kamu tinggal mencocokkannya di antara apa yang diperkirakan sama yang terjadi di atas lapangan. Bila memanglah belum berkembang sama sesuai keinginan, kamu dapat cari jalan keluar yang terbaik tak perlu “mempertaruhkan” arah keuanganmu.

Seiring berjalannya waktu, kamu akan lebih mengutamakan investasimu saat benar ada kesempatan. Misalkan, bukannya uangnya digunakan untuk berlibur, kamu pada akhirnya justru memakainya sebagai DP rumah atau apartemen. Kamu tahu apakah yang kamu perlukan dan yang mana kemauan semata.