Umum  

7 Tips Mengatur Keuangan untuk Usaha Kecil dan Menengah (UKM)

Management keuangan sebagai salah satunya faktor terpenting untuk tiap pebisnis, tidak kecuali pemilik Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang barusan meniti dan ingin meningkatkan usahanya. Pemilik UKM perlu taktik yang pas dalam mengurus keuangan usahanya, karena tanpa pengendalian yang betul, karena itu UKM bisa alami rugi serta lebih parahnya, kemunduran. Kunci keberhasilan dalam usaha tidak cuma pada langkah hasilkan dan melipatgandakan keuntungannya, tapi juga bagaimana perusahaan bisa memakai atau mengontrol uang yang dibuat.

Bila Anda masih berpikiran jika pengendalian keuangan akan jalan secara automatis bersamaan dengan keuntungan yang Anda capai dalam usaha Anda, seharusnya Anda ganti pertimbangan itu dan memulai menyimpan perhatian lebih dari management keuangan Anda sekarang ini. Nach, bila Anda mencari taktik yang pas untuk mengelola keuangan UKM Anda, karena itu Anda membaca artikel yang akurat. Berikut ialah cara-cara yang dapat Anda kerjakan dalam mengurus keuangan UKM Anda.

  1. Pisah Uang Individu dari Uang Usaha

Tidak boleh berpikiran karena akibat usaha Anda masih kecil, jadi tidak jadi masalah jika Anda menyatukan uang individu dengan uang usaha Anda. Bila ini dilaksanakan, karena itu Anda akan alami kesusahan dalam membandingkan pengeluaran individu dengan pengeluaran UKM Anda. Bahkan juga, bukanlah hal yang tidak mungkin jika uang usaha Anda justru kepakai untuk keperluan individu Anda.

Oleh karenanya, seharusnya Anda simpan uang individu dan uang usaha Anda secara terpisah. Membuka rekening yang lain untuk simpan uang individu dan uang pendapatan UKM Anda di bank, bahkan juga jika perlu membuka ke-2 rekening itu di bank yang lain juga, supaya mempermudah Anda jalani loyalitas pembelahan uang ini secara disiplin.

  1. Mengatur Bujet Pengeluaran dengan Arif

Anda perlu membuat rencana untuk pemakaian uang usaha Anda, bahkan juga ketika Anda berasa banyak memiliki modal. Tanpa rencana yang bagus, Anda akan kesusahan atur pengeluaran Anda hingga ini dapat berpengaruh pada keberlangsungan usaha Anda. Samakan sasaran pemasaran dan penghasilan kas dengan pengeluaran Anda. Jauhi menghambur-hamburkan uang untuk beberapa hal yang tidak tingkatkan penghasilan atau memberikan keuntungan Anda.

  1. Buat Catatan Keuangan

Anda tidak mampu ingat semua transaksi Anda. Oleh karenanya, Anda perlu membuat catatan komplet berkenaan keuangan usaha Anda. Catatan keuangan ini disebutkan dengan buku kas. Tulis tiap penghasilan dan pengeluaran yang terjadi dan cocokkan saldo dalam jumlah uang yang Anda tulis sehari-harinya untuk pastikan jika tidak ada uang yang tersisip. Buku kas ini dapat menjadi referensi jika ada satu kekeliruan dalam transaksi Anda.

Tulis tiap utang dan ongkos yang dikeluarkan untuk perawatan beberapa aset usaha Anda. Bila pemakaian kertas kurang cukup efektif dan aman untuk Anda, seharusnya pakailah mekanisme computer untuk menulis gerakan uang usaha Anda. Memakai software management keuangan atau akuntansi akan menolong Anda simpan dan mengurus semua info tentang keuangan Anda.

  1. Kontrol Arus Kas

Supaya putaran kas UKM Anda lancar, karena itu Anda perlu memperhatikan pengendalian hutang dan stok produk yang Anda jual. Hutang yang belum terbayarkan dan stok produk yang menimbun akan membuat putaran kas Anda terhalang. Oleh karenanya, Anda harus pintar mengatur pengeluaran Anda. Bila penghasilan Anda turun, karena itu Anda harus kurangi pengeluaran Anda untuk menanggulanginya. Yakinkan pun tidak ada penimbunan stock barang di gudang Anda dengan mengatur pembelian barang dan jalankan taktik pemasaran yang membuat produk Anda jadi laris.

  1. Pakai Keuntungan dengan Sebagus Kemungkinan

Anda sudah pasti bisa nikmati keuntungan yang Anda capai. Tetapi, seharusnya Anda memakainya secara arif, tentu saja dengan tidak menghamburkannya. Malah Anda perlu tersisa beberapa keuntungan Anda untuk meningkatkan usaha Anda. Anda dapat coba melakukan investasi atau menanam modal di perusahaan yang semakin besar, memakai beberapa keuntungan Anda untuk bereksperimen pada beberapa produk Anda, dan sebagainya. Kerjakan beberapa hal yang memberikan dukungan perubahan usaha Anda hingga usaha Anda dapat bertahan atau bahkan juga meraih kemenangan di tengah kompetisi pasar global.

  1. Persiapkan Dana Cadangan

Sudah pasti Anda harus berpikiran positif berkenaan masa datang UKM Anda. Tetapi, Anda pun perlu lakukan mengantisipasi untuk beberapa hal yang tidak diharapkan yang kemungkinan dapat terjadi pada usaha Anda. Satu diantaranya dengan mempersiapkan dana cadangan. Dana cadangan ini cuman bisa dipakai pada kondisi genting, misalkan saat terjadi musibah yang menyebabkan kerusakan pada property kantor atau saat omset usaha Anda sedang turun.

  1. Pakai Jalan keluar Automatis untuk Mengurus Keuangan

Di zaman tehnologi seperti sekarang ini, bukan waktunya tugas kantor dilaksanakan dengan manual, apa lagi tugas yang berefek tinggi seperti mengurus keuangan. Kekeliruan pada management akuntansi Anda dapat menghalangi kelancaran usaha Anda. Oleh karenanya, seharusnya Anda mulai mengaplikasikan kontribusi jalan keluar automatis dalam management akuntansi UKM Anda. Dengan kontribusi software management akuntansi, Anda tidak perlu menulis pengeluaran dan penghasilan Anda dengan manual, karena semua dicatat secara automatis dan tepat lewat mekanisme. Anda bisa juga membuat neraca keuangan komplet yang memperlihatkan keuntungan dan rugi Anda, hutang, transaksi bisnis dengan kilen, pajak, dan yang lain secara real-time.